SINGKONKEJU

Sabtu, 13 Oktober 2012

” TEKNIK ANNOUNCER DAN JURNALIS PADA RADIO KARIMATA FM ”

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Saat ini media menjadi instrumen penting dalam setiap aspek kehidupan di republik. Kampanye, promosi, produk, opini sampai propaganda politik adalah konsumsi yang lazim di media. Adapun media di Indonesia adalah Televisi, surat kabar, Internet dan juga radio.
Perkembangan Teknologi Informasi yang sangat pesat, harus diiringi oleh peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).  Bangsa Indonesia saat ini yang berada pada kondisi “konsumen” dalam bidang teknologi, harus segera bangkit untuk mengubah kondisi yang ada. Meskipun demikian peningkatan skill Sumber Daya manusia harus terus diperhatikan.
Perlu kita sadari bahwa Sumber Daya Manusia, merupakan central point dalam rangka mewujudkan keberhasilan pembangunan di segala bidang Teknologi Informasi. Bagaimanapun canggihnya teknologi, atau sistem yang ada pada suatu organisasi, baik pemerintah (birokrat) maupun swasta, akhirnya tetap tergantung pada Sumber Daya Manusia sebagai unsur pelaksana.
Dalam menghadapi Abad 21 yang ditandai oleh liberalisasi perdagangan diperlukan upaya sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang benar-benar siap menghadapi persaingan global yang makin terbuka. Selaras dengan kebijakan Departemen Pendidikan Nasional tentang relevansi pendidikan dengan kebutuhan pembangunan, maka proses pendidikan di perguruan tinggi harus memperhatikan lingkungan dan kebutuhan dunia kerja khususnya dunia usaha.
Dunia kerja pada masa mendatang secara selektif akan menjaring calon tenaga kerja yang benar-benar profesional pada bidangnya, karena dengan persaingan global akan makin terbuka lebar kesempatan bagi tenaga kerja asing untuk memasuki/menguasai dunia kerja di Indonesia. Oleh karena itu salah satu tantangan utama bagi lulusan perguruan tinggi adalah mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum memasuki dunia kerja.
Salah satu upaya peningkatan SDM khususnya dalam pendidikan tinggi  karena itu adalah merupakan sarana penting bagi pengembangan diri dan kemampuan berwirausaha serta kemandirian bagi lulusannya. Ini  merupakan suatu bentuk pendidikan yang memadukan peningkatan soft skill & hard skill, proses belajar akademik dengan pengalaman kerja yang terencana, terbimbing dan mendapat insentif. 
Salah satu bentuk konkritnya dapat diterapkan melalui Kuliah Kerja Komunikasi (K3), kuliah ini merupakan terapan dari teori yang sudah diterima oleh mahasiswa ilmu komunikasi, dengan demikan saya memilih salah satu instansi di radio Karimata yang merupakan Radio terkemuka dan Pertama di Madura dibidang Informasi, Pendidikan, Hiburan, berdasarkan kultur dan Budaya masyarakat Madura. Yang biasa dikenal sesui dengan slogannya yaitu radio kebanggaan Madura.
Semua ini merupakan suatu alasan saya memilih instansi ini adalah saya melihat dan mengetahui sistem kinerja di radio dan keprefosionalannya, ini sangat bagus serta manajemen marketingnya  sangat bagus dan bisa diandalkan. Jika ada mahasiswa yang magang di instansi ini ada semacam bimbingan secara langsung selama satu minggu. Setelah menjalani bimbingan itu, baru mulai kepada prakteknya, bukan hanya teori saja yamg diberikan kepada mahasiswa melainkan juga praktek dan terjun langsung ke lapangan. Sehingga mahasiswa  benar – benar mendapatkan ilmu sekaligus pengetahuan disamping itu kita juga bisa membantu dan bekerja sama sesuai dengan bidang yang ditekuni. Selain ilmu yang didapat, kita juga mendapatkan pengalaman baru dalam menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.
Mungkin semua teori yang di anut di semua chenel radio intinya sama, namun ada sesuatu halterkecil yang di terapkan oleh radio Karimata ini dan mungkin di anggap sepele, dengan salah satunyan ketika ada pengunjung setiap kariawan di wajibkan ramah itu yang pertama, dan yang kedua tata runag gedung dan kebersihan gedung tersebut sehingga penggunjung di yang datang terasa betah.

B. TUJUAN MAGANG
Melatih untuk dapat menerapkan teori yang didapatkan dalam kuliah sekaligus menganalisa kecenderungan stakeholders (user) terhadap kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Selain itu melatih agar mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja sesungguhnya.
Kuliah Kerja Komunikasi ini memungkinkan mahasiswa memperoleh kemampuan yang praktis dengan dihadapkan pada penerapan dunia kerja di luar kampus. Sehingga akan diperoleh calon tenaga kerja yang mandiri, profesional, dan siap memasuki dunia kerja.

C. MANFAAT MAGANG
Adapun manfaat dari Kuliah Kerja Komunikasi yaitu :
1. Memudahkan penerapan ilmu yang didapat selama masa kuliah berlangsung khususnya bagi ilmu komunikasi.
2.  Memberikan wawasan dan pengetahuan baru mengenai penerapan dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya sesuai dengan bidang yang ditekuni.
3.      Sebagai acuan/referensi program Kuliah Kerja Komunikasi selanjutnya.

 
BAB II
LAPORAN HASIL MAGANG
A. PROFIL INSTANSI
PT. Radio Swara Karimata Permai di dirikan pada hari Rabu 14 September 1988 dengan maksud dan tujuan
  1. Mengadakan radio siaran untuk usaha usaha penerangan , pendidikan dan hiburan
  2. Radio siaran bersifat Komersial.
  3. Tidak mengadakan usaha usaha lainnya, kecuali yang tercantum dalam sub bab tersebut di atas.
Pendiri                                     : 1. Hasan Altuwy
                                                  2. Moehd. Ikrak Zainal Putra. BA
Nama Perusahaan                    : PT. Radio Suara Karimata
Akte Notaris                           : H. Abdul Wahib Zainal. SH Nomor 14 tanggal 14 -09-1988
Akte Perubahan                      : Mustofa SH Notaris Karawang Nomor 8 (22 Mei 1989)
Perubahan Nama                     : PT. Radio Swara Karimata Permai Pamekasan
Nama Radio                            : Karimata
Menteri kehakiman RI            : C2-6783- HT.01.01.Tahun 89 ( 28 Juli 89 )
NPWP                                     : 01.650.027.4.608.000

Akta Berita Acara Rapat Pemegang  saham PT Radio Swara Karimata Nomor 01 tanggal 09 November 2005 yang ditandatangani oleh R.Ahcmad Ramali SH Notaris Pamekasan Jl. Jingga No. 6, terjadi perubahan anggaran dasar dengan susunan pengurus :
  1. Direktur Utama           : Arief Syuhada
  2. Direktur                       : Bambang Soeryadhi
  3. Komisaris                    : Hasan Altuwy

Pada awal Tahun 2000, kami mengajukan permohon pindah frekuensi dari AM ke FM, hal ini dikarenakan :
  1. Kemajuan Teknologi di bidang elektronika khususnya perangkat siaran  Radio di era Globalisasi ini tidak dapat dipungkiri dan berdampak juga di daerah seperti juga di Kabupaten Pamekasan.
  2. Tingginya keinginan masyarakat Pamekasan (pendengar ) untuk dilayani dengan bagus dalam hal mendengarkan radio juga merupakan tantangan bagi kami sebagai pengelola Radio yang berada Kabupaten Pamekasan.

Dari latar belakang ini kami mengajukan permohonan pindah frekuensi dari AM ke FM dengan maksud Tujuan :
  1. Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pendengar / public
  2. Untuk meningkatkan mutu siaran melalui manfaat kemajuan teknologi
Sebagai media jasa penyiaran peraih widya Kencana tingkat Pasar kecil se Indonesia pada tahun 1995-1996 merupakan tantangan yang harus dilaksanakan agar pendengar kami dapat terlayani dengan baik.

a.  MAKSUD DAN TUJUAN.
PT. Radio Swara Karimata Permai didirikan pada hari Rabu 14 September 1988 dengan maksud dan tujuan :
    1. Mengadakan radio siaran untuk usaha-usaha penerangan, pendidikan dan hiburan
    2. Radio Siaran bersifat Komersial
    3. Tidak mengadakan usaha lainya, kecuali yang tercantum dalam sub tersebut diatas.
Pada awal Tahun 2000, kami mengajukan permohonan pindah frekuensi dari AM ke FM hal ini dikarenakan :
  1. Kemajuan Teknologi di bidang elektronika khususnya perangkat siaran Radio di era Globalisasi ini tidak dapat di pungkiri dan berdampak juga di daerah seperti juga di kabupaten Pamekasan.
  2. Tingginya keinginan masyarakat Pamekasan ( Pendengar ) untuk dilayani dengan bagus dalam hal mendengarkan radio juga merupakan tantangan bagi kami sebagai pengelolaan Radio yang berada di Kabupaten Pameaksan.

Dari latar belakang ini kami mengajukan permohonan pindah frekuensi dari AM Ke FM dengan maksud dan Tujuan :
1.      Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pendengar / publik.
2.      Untuk meningkatkan mutu siaran melalui manfaat kemajuan teknologi.

b. VISI dan MISI
        Visi Karimata
-          Radio terkemuka dan Pertama di Madura dibidang Informasi, Pendidikan, Hiburan berdasarkan kultur dan Budaya masyarakat Madura.
Misi Karimata
-    Radio Karimata Menyajikan program sesuai dengan kultur dan budaya  masyarakat Pamekasan.
-    Radio Karimata melayani kebutuhan masyarakat dibidang informasi, yang memberikan pencerahan.
-    Radio Karimata Meningkatkan profesionalisme dan kesejahteran karyawan..
-    Radio Karimata memberikan keuntungan bagi semua pihak sesuai peran masing - masing.

c. PROFIL RADIO KARIMATA
Nama Badan Hukum              : PT. RADIO SWARA KARIMATA PERMAI
Nama Stasiun Radio               : KARIMATA FM
CALL Station                         : KARIMATA FM
Frekuensi                                 : 103,3 MHz
Alamat Kantor                                    : Jl. Raya Panglegur No. 123 Pamekasan
Telpn / Fax                              : 0324 – 333222,333555,333999/ 0324 – 331432
Alamat Studio                         : Jl. Raya Panglegur No. 123 Pamekasan
Telpn / Fax                              : 0324 – 333222,333555,333999/ 0324 – 331432
E- Mail                                    : samsulkarimata@yahoo.co.id
Website                                   : www.karimatafm.com
Contact Person                        : Moh Syamsul Arifin HP : 08113444562
No. Anggota PRSSNI                        : 522- III / 1990
CALL SIGN                           : PM 6 BRG
Slogan Radio                          : Kebanggaan Madura

FORMAT SIARAN
a. Format Siaran Kata             : Musik Dan Informasi
b. Format Siaran Musik           : POP-DANGDUT-BARAT-DAERAH
Radius Jangkuan                     : +/- 100 Km
                                                   Sumenep – Pamekasan – Sampang – Sebagian  Bangkalan, Bias Pancaran Pasuruan – Probolinggo – Situbondo - Blitar  - Malang –
   Bondowoso.
Segmentasi Siaran                   : GENERAL

1.  Sasaran Pendengar Radio Karimata Fm:
 Berdasarkan Jenis kelamin
> General ( Perempuan & Laki Laki )
    Perempuan                                = 58 %
    Laki Laki                                   = 42 %
Berdasarkan Usia
> Usia : 13 - 18 Thn                      = 10 %
            19 - 29 Thn                        = 30 %
            30 - 45 Thn                        = 40 %
            46 >                                   = 10 %
2.  Berdasarkan Status Sosial
> Status Ekonomi Sosial               = D C B
- Atas                                         =   5 %
- Menengah atas                         = 10%
- Menengah                                = 30%
- Menengah Bawah                    = 35%
- Bawah                                      = 15%
- Tidak Specifik                         =   5%


B. AKTIFITAS MAGANG

   ” RADIO KARIMATA FM 103,3 MHz ”
 24 Januari 2011 - 24 Februari 2011

Hari pertama saya melaksanakan kuliah kerja komunikasi dengan singkatan K3, saya di perkenalkan oleh bpk.Moh Syamsul selaku General Manager di Radio KARIMATA FM mulai dari pimpinan hingga crew di tempat itu. Setelah masing-masing memperkenalkan diri, beliau menawarkan bidang kerja yang akan saya pelajari, yaitu pada pemberitaan, penyiaran, atau pada segala bidang. Pada kesempatan itu, saya memilih untuk mempelajari secara general pada radio KARIMATA FM. Setelah kesepakatan kami buat, sayapun langsung memulai proses magang pada keesokan harinya.
Minggu pertama terasa begitu biasa-biasa saja, sebab selama seminggu saya hanya di perkenalkan dengan ruangan-ruangan dan alat-alat editing, tata cara administrasi, dan  gatekeeper. Saya rasa hal itu kurang menarik karna tidak ada action yang saya lakukan misalnya berupa meliput berita ataupun membacakan berita, namun general manager mengtakan bahwa minggu pertama adalah awal-awal penguatan materi sebelum terjun kelapangan jadi saya memantapkan materi pembelajaran demi suksesnya proses magang untuk pembekalan kedepannya.
 Mingggu kedua, saya di bimbing oleh pak Hendra Zulkarnain dalam materi proses pembuatan berita yang di kenal dengan sebutan Analisis Jurnalis (tahap editing berita). Seperti halnya pembuatan berita menggunakan metode pyramida terbalik yang menspesifikasikan hal umum ke hal yang lebih khusus. Setelah pembekalan materi tersebut saya di suruh untuk mencari berita di koran dan menulisnya dalam bahasa sendiri. Demikian yang terjadi selama satu minggu.
Minggu selanjutnya, menginjak pada tahap marketing/ pemasaran/ penjadwalan iklan. Minggu ini kegiatan magang semakin berkesan dan menarik. Sebab saya dipimpin langsung oleh Bpk. Moh Syamsul Arifin selaku general Manager, dalam pengenalan tiga materi tersebut. Membuat saya semangat seba beliau ramah dan welcome saat membimbing saya. Adapun materi yang beliau sampaikan berupa tempat, dan services dari Radio KARIMATA FM.
Pada Minggu terahir magang, selama tiga hari saya memperoleh pembelajran program & siaran. Kemudian hari berikutnya saya memperoleh kesempatan untuk praktik membaca berita yang telah saya buat dan menyiarkannnya di ruangan khusus. Pada waktu senggang saya memperoleh materi tambahan dalam pembuatan drama yang akan di on air kan.
Demikian, kegiatan magang yang saya lakukan di RADIO KARIMATA FM, yang keseluruhan memiliki banyak manfaat bagi diri saya pribadi. Selain berupa keilmuan dan penerapannya saya juga bisa menjadikannya pengalaman dalam bidang jurnalistik.




BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Berdasarkan proses magang yang saya lakukan di Radio KARIMATA FM yang berlangsung selama 1 bulan, saya memperoleh sekian pengalaman dan keilmuan yang belum saya dapatkan sebelumnya. Tidak hanya itu, saya menjadi lebih paham tatacara menghadapi dunia kerja khususnya di bidang jurnalistik. Bagaimana seorang jurnalist bersikap dalam pemaparan beritanya, dan bagaimana seorang announcer menarik dalam penyampaina beritanya semua itu adalh ilmu baru yang saya peroleh dari kegiatan Kuliah Kerja Komunikasi. Kegiatan magang ini, tentunya berkaitan erat dengan mata kuliah yang saya tempuh di jurusan komunikasi.
Ketika mempelajari tentang informasi lewat radio, saya bisa membedakan dalam menyampaian informasi dari semua media massa. Seperti halnya dala menyampaikan informasi lewat radio menggunakan bahasa tutur jarna di radio lebih fokus pada audio sedangkan pada informasi televisi lebih fokus pada bahasa mata sebab lebih mengutamakan pada visual, Dan berita pada surat kabar lebih pada penggunaan bahasa tulis yang di gunakan.
Di bidang marketing biaya operasinya diperoleh dari pendapatan iklan yang masuk. Di radio karimata, tidak ada iklan yang tidak cocok, karena di sini iklannya bersifat general, tetapi tinggal menyesuaikan di program acara apa iklan itu diputar
Dalam Kuliah Kerja Komunikasi.saya mempelajari, Analisis jurnalis (editing berita) berupa pencarian, dan rewrite berita yang di dapat dari reporter.
Dalam marketing, mempelajari cara memperoleh biaya operasional yang di dapatkan dari iklan-iklan yang masuk dan pengelolaanya bagi perusahaan.
Dan yang terahir adalah, program dan siaran yang mempelajari tatacara penyiaran berita dan tahap-tahap penulisan berita.

B.                 Saran
Dengan selesainya laporan hasil K3 (Kuliah Kerja Komunikasi) ini untuk melengkapi program mata Kuliah Kerja Komunikasi, memberikan sara-saran posotif agar K3 terlaksana dengan baik dan efektif. Kepada semua mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan magang hendaknya lebih memahami dan mengetahui intansi yang akan di jadikan tempat K3 sesuai dengan konsentrasi yang di pilih.
Semua pekerjaan akan terasa menarik ketika kita berusaha untuk memahami dan menikamati setiap apa yang kita lakukan dengan melihat hasil yang kita peroleh dari proses pembelajaran sebelumnya.



DAFTAR PUSTAKA

Mufid,muhammad,M.Si.2005.komunikasi DanRegulasi Penyiaran.Jakarta:Kencana
               Prenada Media Group.
Brandt,Torben dan Sasono,Eric.2006.Jurnalisme Radio.Denmark:UNESCO
               Hasil Seminar.



LEMBAR PENGESAHAN



” TEKNIK ANNOUNCER DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI DI RADIO KARIMATA FM ”
                                                                         




Penyusun :
ACH. SUBAIRI
080531100017












                                                                        Pamekasan, 31 Desember 2009
Pembimbing Lapangan                                Dosen pembimbing K3


                             Syamsul Arifin                                         Nikmah Suryandari, S.sos,Msi
                                                                                     NIP : 19730415 200312 2001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts