SINGKONKEJU

Sabtu, 02 November 2013

Cara Bermain Catur untuk Pemula

Catur adalah permainan yang dimainkan oleh dua kubu (orang) dengan 2 buah bidak catur yaitu bidak catur warna putih dan bidak catur warna hitam, dengan masing-masing jumlah bidak 16 bidak yang terdiri dari 8 buah perwira, 2 buah ksatria (kuda), 2 buah luncur (uskup, gajah), 2 bua benteng, 1 buah menteri dan 1 buah ratu yang di mainkan diatas papan catur berukuran 8 kotak x 8 kotak. Catur merupakan salah satu permainan yang menarik karena kita bisa bermain taktik dan strategi bukan hanya asal bermain saja.

Cara menggunakan masing-masing bidak catur :

Perwira, dipasang di baris terdepan, cara memainkannya hanya bisa melangkah ke arah depan saja, bisa melangkah langsung 2 langkah atau saat berhadapan dengan lawan yang ada di seberangnya dengan tujuan untuk memakan bidak atau perwira lawan.







Lihat gambar 1 dan 2 di bawah ini:

Ksatria atau identik dengan gambar kuda disamping di ujung ke 2 setelah benteng. Cara memainkannya bergerak seperti hurup L atau bila kita memiliki posisi knight atau kuda di tenggah maka kita bisa memainkannya seperti lingkaran. Lihat gambar 2








Bishop atau uskup atau gajah di tempatkan mengintip antara menteri dan ratu cara memainkanya bila uskup terletak di posisi kotak putih maka dia hanya bisa di mainkan dengan arah diagonal sesuai dengan posisi kotak catur bisa putih atau hitam.









Lihat gambar 3 di bawah ini:

Benteng yang di letakkan masing-masing di ujung baris ke 2 yang mengapit 2 ksatria cara memainkannya hanya bergerak kearah horisontal dan vertikal dengan langkah bisa mencapai daerah pertahanan lawan.








Menteri di tempatkan di sebelah kiri ratu dan cara memainkannya bisa seperti uskup atau benteng tapi tidak bisa melangkah seperti satria atau kuda.








Ratu atau Raja adalah bidak yang harus dijaga dan di pertahankan oleh seluruh bidak lainnya seperti perwira, satria, gajah dan menteri jangan sampai ratu atau raja di skak mat. Bila demikian permainan berakhir.












Sumber : http://petualang-web.blogspot.com/2013/06/cara-bermain-catur-untuk-pemula.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts