SINGKONKEJU

Selasa, 06 Mei 2014

KETAPEL, MAINAN MASA KECIL KU

"MAINAN MASA KECIL KU"



KETAPEL, adalah permainan pada masa aku masih kecil dan ketapel ini senjata saya pada saat memburu burung pada jaman itu. KATAPEL ini dalam bahasa daerah saya yaitu di Desa Gadu Barat, Kec. Ganding, Kab. Sumenep, Madura di beri nama "DHIBEL". 

Sebenarnya Ketapel ini banyak di berbagai daerah di Indonesia, lain daerah lain pula nama istilahnya, tapi disini saya hanya tahu nama dari kampung saya yaitu Main Dhibel.

Ketapel, ini mainan yang terbuat cabang pohon dan dipotong membentuk seperti huruf  "Y" sedangkan peluru yang di gunakan dapat menggunkan batu kerikil atau buah jambu yang masih kecil. Untuk pelontarnya dapat menggunakan karet getah atau karet pentil yang di kepang dan diikatkan di masing-masing cabang Ketapel, batu yang menjadi peluru ditahan di sebuah lemabaran karet atau bahan kulit.

Ketapel ini banyak di gunakan oleh petani menggusir burung-burng yang lagi memakan padi karena ini merupakan senjata tradisional di berbagai daerah........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts